Comfortable Reading Room

Students Will Enjoy E-Library Reading

INFO PPDB

Smart Library

INFO PPDB

Students Are Practicing Welding

INFO PPDB

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Prestasi merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Bina Prestasi Islami ’97, yang memiliki Empat Program Keahlian yang terakreditasi “A”, yaitu Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Komputer Jaringan, dan Otomatisasi Tata Kelola dan Perkantoran

 

 

Visi SMK Bina Prestasi

Terwujudnya SMK yang Unggul, Berprestasi dan Religius.”

Misi SMK Bina Prestasi

  • Mengembangkan sistem pembelajaran yang agamis dan profesional.
  • Mengembangkan iklim pembelajaran yang berwawasan global dengan landasan norma budaya bangsa.
  • Mengembangkan konsep sekolah berbasis industri untuk menciptakan keunggulan dan prestasi.
  • Menjalin kerja sama antara sekolah dengan masyarakat dan DU/DI serta lembaga lain dalam bidang pengelolaan pendidikan serta penyaluran tamatan.
  • Meletakkan prinsip-prinsip managemen mutu dalam pengelolaan pendidikan.
SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

Dunia Pendidikan saat ini banyak mengalami perubahan dan akan terus berubah dinamis karena Pendidikan adalah adaptasi bagi peradaban manusia. Di era Revolusi Industri 4.0 segala aspek kehidupan manusia mengalami disruption dan dunia Pendidikan pun tidak bisa menghindar dari dampak perkembangan revolusi industry 4.0

Pada tahun 2030, Indonesia akan merasakan bonus demografi. Satu sisi ini adalah potensi yang luar biasa untuk meningkatkan kemajuan di segala bidang untuk menjadikan Indonesia menjadi negara yang sejajar dengan negara-negara maju. Namun sisi lain, bonus demografi ini akan menjadi petaka jika penduduk Indonesia tidak berpendidikan dan memiliki kemampuan skill yang baik.

Untuk menghadapi tantangan kedepan, pada akhirnya dunia Pendidikan di Indonesia perlu merespon dengan positif dengan terus memperbaiki skema Pendidikan yang sesuai dengan era revolusi industry 4.0.

Atas dasar itulah SMK Bina Prestasi amat concern dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan standarisasi sarana dan prasarana. Disamping itu reformasi sekolah perlu terus ditingkatkan kualitasnya dengan titik berat terhadap percepatan dan optimalisasi program-program kependidikan. Penerapan system teknologi informasi juga menjadi perhatian dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan terhadap orang tua, peserta didik dan masyarakat.

Semoga website SMK Bina Prestasi bisa memberikan dampak positif dalam penyajian berita dan informasi kaitannya dengan dunia Pendidikan. Sehingga dapat turut menjadi bagian dalam pencapaian pembangunan Pendidikan di Indonesia yang terus maju dan berkembang.

Head Master of SMK Bina Prestasi
Curriculum of SMK Bina Prestasi
SAMBUTAN KURIKULUM

Assalamualaikum, Salam hormat dari kami Tim pengembang kurikulum SMK Bina Prestasi

Pada Tahun ajaran 2018/2019 SMK Bina Prestasi menggunakan dua kurikulum sekaligus, yaitu kurikulum KTSP 2006 untuk tingkat XII dan kurikulum 2013 edisi revisi untuk tingkat X dan XI.

Mengapa demikian? Kurikulum memang harus senantiasa berubah seiring perubahan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk perubahan dalam dunia pendidikan.

Publik sedang menantikan perubahan seperti apa dan apa yang akan ditawarkan dalam setiap perubahan kurikulum baru serta dampak apa yang bisa diharapkan pada keluaran sistem pendidikan ke depan, sebagai akibat dari intervensi pemerintah melalui pengembangan kurikulum ini.

Secara mendasar, ada empat elemen perubahan dalam Kurikulum 2013 edisi revisi, yakni Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi (kompetensi inti dan kompetensi dasar), Standar Proses, dan Standar Penilaian.

Pada setiap jenjang pendidikan, termasuk SMK, rumusan empat kompetensi inti (penghayatan dan pengamalan agama, sikap, keterampilan, dan pengetahuan) menjadi landasan pengembangan kompetensi dasar pada setiap tingkatnya.

Dalam teori kurikulum, keberhasilan suatu kurikulum merupakan proses panjang, mulai dari kristalisasi berbagai gagasan dan konsep ideal tentang pendidikan, perumusan desain kurikulum, persiapan pendidik dan tenaga kependidikan serta sarana dan prasarana, tata kelola pelaksanaan kurikulum, termasuk pembelajaran dan penilaian pembelajaran dan kurikulum.

Dalam konteks ini, keberhasilan ditentukan oleh komitmen pemegang otoritas pendidikan di tingkat daerah, pengembangan kapasitas guru, dan desain penilaian belajar siswa, begitu juga di tingkat satuan pendidikan termasuk di SMK Bina prestasi.

Apakah Kurikulum 2013 revisi ini akan memenuhi harapan masyarakat dan berperan dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia umumnya dan siswa SMK Bina Prestasi khususnya?

Kami tim pengembang kurikulum SMK Bina Prestasi, akan berkomitmen dan bekerja keras untuk mensinkronkan kurikulum pendidikan yang akan dapat di terapkan sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan lulusan menghadapi revolusi industri 4.0.

Selain bekerja sama dengan beberapa industri dalam program Link and Match, SMK Bina Prestasi juga membekali peserta didik dalam pembentukan karakter dengan penambahan kurikulum muatan lokal yang meliputi :

  1. Baca Tulis Alquran
  2. English Conversation
  3. Akidah Akhlaq
  4. Kecakapan kemampuan dasar sesuai dengan Program keahlian masing masing.

Semoga upaya tim pengembang kurikulum SMK Bina Prestasi mampu mewujudkan terciptanya kondisi pembelajaran SMART School yang ideal.