SMK Bina Prestasi Bersama Japan Indonesian Economics Center Mengadakan Seminar Soft Skill Untuk Kalangan Pelajar

Banyak perubahan yang dialami peradaban manusia saat ini dan itu dilalui dengan tidak mudah. Walaupun manusia berhasil pada titik pencapaian luar biasa melalui pesatnya perkembangan teknologi namun banyak hal yang harus dikorbankan oleh manusia untuk mencapainya.

Jika kita menengok ke belakang sejarah manusia, betapa manusia berusaha untuk dapat bertahan hidup dari tantangan alam yang harus diatasi sekaligus menjaga pertahanan sandang, pangan dan papan. Sebagai makhluk hidup, manusia memang dikenal sebagai makhluk yang dapat mengatasi kesulitannya berkat kepandaian dan kecerdasan yang dimilikinya. Dan tentu saja sebagai makhluk yang meyakini dengan kebesaran Tuhan, manusia memiliki energi lebih dibandingkan kesulitannya karena yakin Tuhan akan menolong manusia.

Melihat perkembangan terkini inilah SMK Bina Prestasi bersama mitranya yakni PT. Japan Indonesian Economics Center mengadakan seminar soft skill yang diperuntukkan untuk kalangan pelajar. SMK Bina Prestasi menyadari bahwa dunia yang sedang mengalami masa pandemi Covid 19 dan sekaligus merubah gaya hidup manusia harus dibekali kemampuan soft skill yang baik. Dengan tujuan apapun permasalahan ke depan yang akan dihadapi oleh para pelajar, mereka mampu menganalisis permasalahannya sendiri dan sekaligus menjadi problem solver. Sehingga mereka tidak mudah menyerah dan putus asa karena mereka sudah di gembleng dengan pembinaan mental dan karakter yang kuat.

Bila kita memperhatikan penelitian dan hasil riset bagaimana manusia harus menjalankan kehidupannya saat ini, maka tidak cara lain masalah-masalah mental dan komunikasi menjadi bagian yang sangat krusial untuk dimiliki oleh para pelajar. Mereka harus diberikan kesadaran bahwa dunia sudah banyak berubah maka cara memandang dunia juga harus dirubah termasuk cara kita mensikapi dalam menjalani kehidupan.

Selain masalah mental dan komunikasi, hal yang perlu dibangun adalah kesadaran bahwa pelajar harus mampu berkolaborasi di segala aktivitasnya. Saat ini tidak ada satupun pekerjaan yang bisa dilakukan sendiri-sendiri. Semua terintegrasi dan membutuhkan interaksi aktif, inovatif dan produktif. Oleh karena itu aspek soft skill itu harus terus dikembangkan oleh para pelajar. Dengan seminar ini diharapkan para pelajar bisa menggunakan pengetahuannya untuk dilaksanakan dalam aktivitas sehari-hari yang dikemudian hari pasti akan dibutuhkan dalam memasuki sekolah kehidupan yang lebih luas lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.